Bahasa Sebagai Alat Pencari Kerja


Apakah bahasa sebagai alat pencari kerja ? ya bisa dibilang begitu karena disaat kita mencari pekerjaan, bahasa yang diucapkan yaitu bahasa indonesia yang baik dan baku. Juga pandai berbicara kepada orang maka jika itu dilaksanakan mudah untuk diterima bekerja dimanapun. Bahasa tersebut digunakan misalnya, disaat kita dipanggil untuk interview sebelum masuk ke perusahaan tersebut, dari bahasalah jika kita pandai berbahasa dengan baik dan pandai berbicara dihadapan orang-orang maka kita akan ditempatkan diposisi yang baik dan enak dalam suatu perusahaan.

Dalam perusahaan dibutuhkan bahasa indonesia yang baik dan baku karena jika tidak perusahaan tersebut tidak akan berkembang maju, malah jika tidak menggunakan bahasa yang baik dan baku, tidak akan menarik investor atau penanam saham yang ingin bergabung dengan perusahaan tersebut sehingga perusahaan tersebut tidak akan berkembang maju. Siapa saja boleh menggunakan bahasa indonesia yang baik dan baku terutama orang-orang yang berada didalam perusahaan, diharuskan semua bisa berbicara dengan bahasa tersebut sehingga bisa dihormati oleh atasan atau  bawahan kita. Dan perusahaan itu akan dipandang baik oleh orang lain, seperti karyawannya, masyarakat sekitarnya, pemegang saham atau para investornya.

Bahasa tersebut bisa digunakan dimana saja, disaat bertemu orang, berbicara kepada keluarga, atasan atau leader dalam suatu perusahaan karena bila kita berbicara menggunakan bahasa tersebut maka kita akan dihormati oleh orang dan dihargai oleh orang lain. Caranya bisa berbicara dengan bahasa indonesia yang baik, dan sebagai alat pencari kerja yaitu dengan kita terbiasa berbicara menggunakan bahasa yang baik dan baku di  lingkungan sekitar seperti keluarga, tetangga,  teman dirumah, dan lingkungan didalam perusahaan. Karena bahasa tersebut digunakan untuk mencari lapangan pekerjaan, maksudnya jika kita pandai berbicara dengan bahasa indonesia yang baik dan baku juga masuk akal saat kita melamar pekerjaan disuatu perusahaan maka akan membuahkan hasil yaitu ditempatkan diposisi perkerjaan yang enak dan bagus.

Tidak harus bekerja didalam perusahaan, dimanapun kita dapatkan pekerjaan akan mendapatkan hasil yang baik. Misalnya berdagang dengan kata lain berwirausaha menggunakan bahasa dengan baik  jika pandai berbicara terhadap pembeli, maka akan menarik para pembeli sehingga barang yang dijual habis. Makanya bahasa itu penting dalam mencari sebuah pekerjaan dan penempatan pekerjaannya.

Selain bahasa Indonesia, banyak dari masyarakat kita dituntut untuk mahir berbahasa asing, misalkan saja bahasa Inggris. Mereka menganggap bahwa bahasa inggris itu adalah bahasa yang penting untuk kebutuhan mereka nantinya. Misalnya saja saat mencari kerja, banyak lapangan kerja membutuhkan orang yang mahir bahasa inggris. Hal ini memang tidak salah, hanya saja dalam penggunaannya perlu adanya keseimbangan. Sehingga bahasa nasional kita tidak terabaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s